Makanan Penambah Darah Anemia

Makanan Penambah Darah Anemia – Hemoglobin yang terlalu sedikit dalam darah menyebabkan anemia. Hemoglobin mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika keadaan Anda kekurangan zat besi, sel darah merah hanya berisi sedikit hemoglobin yang membuat tubuh bekerja lebih keras dalam menyediakan oksigen. Hal ini yang membuat Anda merasa lelah, lemah dan napas menjadi pendek. Remaja, wanita yang sedang haid dan hamil membutuhkan makanan penambah darah anemia seperti zat besu yang tinggi.

Khususnya bagi pertumbuhan, untuk mengganti kehilangan zat besi selama menstruasi, dan memperbesar volume darah selama kehamilan. Vitamin C dibutuhkan untuk membentuk sel-sel darah merah yang dapat mencegah kelelahan dan penyakit anemia. Buah sitrus (termasuk jeruk atau lemon), blackurant, buah-buahan lain dan sayuran hijau merupakan sumber vitamin C yng bagus. Dengan mengonsumsi 5 atau lebih porsi buah dan sayuran seperti yang direkomendasikan setiap harinya, akan meningkatkan asupan vitamin C dan menambah daya tahan tubuh Anda.

Makanan Penambah Darah Anemia

Makanan Penambah Darah Anemia

Makanan penambah darah anemia adalah protein dalam ikan, unggas, daging rendah lemak, dan makanan alternative bagi para vegetarian dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Daging juga mengandung magnesium untuk pertumbuhan dan kesehatajn tulang dan kulit, zat besi, seng dan vitamin B12 yang dibutuhkan untuk mencegah anemia. Pilih daging rendah lemak. Hindari daging giling, pai, burger, baso daging dan juga sosis.

Makanan penambah darah anemia adalah apricot. Aprikot yang dikeringkan merupakan camilan yang baik dan penuh nutrisi, dan lebih bermanfaat dibandingkan dengan camilan lain yang mengandung gula, seperti biscuit, atau kue. Aprikot kering mengandung NSP (serat) yang lebih tinggi dari apricot segar, dan kata akan potassium, yang jarang kita dapatkan dalam produk olahan yang kita konsumsi sehari-hari. Kebanyakan pola makan ala Barat mengandung terlalu sedikit sodium (garam dapur).

Potasium menjaga keseimbangan sodium dalam sel tubuh dan membantu mencegah tekanan darah tinggi. Aprikot kering juga merupakan salah satu buah yang menjadi sumber zat besi terbesar, mineral yang sulit didapatkan dalam pola makan kebanyakan wanita. Padahal zat besi sangat penting untuk mencegah kelelahan, data tahan tubuh yang menurun dan anemia. Zat nesi yang berasal dari makanan nabati tidak dengan mudah diserap seperti halnya yang didapatkan dari daging. Untuk mempercepat penyerapannya, Anda harus mengombinasikan makanan-makanan seperti apricot dengan makanan-makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jus dan beragam jeruk, salad, dan sayuran berdaun hijau.

Penyakit tekanan darah rendah biasanya bisa menjadi suatu hal yang akut. Jika kondisinya akut maka harus segera melakukan penanganan dengan cara yang benar. Gejala darah rendah yang akut bisa menyebabkan penderitanya menjadi lemas, sesak nafas dan bisa juga pinsang. Jika melakukan penanganan yang salah maka bisa membahayakan jiwa seseorang. Dalam tahap ini maka penderita tekanan darah rendah diharuskan untuk minum obat-obatan yang bisa meningkatkan tekanan darah. Biasanya jika Anda dirawat di rumah sakit, maka dokter akan menganjurkan untuk melakukan infus atau juga konsumsi jenis obat-obatan tertentu yang sesuai dengan keadannya.

Namun, cara meningkatkan tekanan darah rendah bisa dilakukan dengan mengonsumsi jenis makanan penambah darah. Jenis makanan penambah darah adalah seperti dibawah ini :

  1. Hati
    Hati merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan zat besi. Hati ayam sebanyak 100 gram mengandung kandungan zat besi sebesar 9 mg. Namun, hati sapi mengandung sedikit kalori dibandingkan dengan jenis hati yang lainnta dan juga sumber zat besi dan kolesterol yang rendah. Dengan mengonsumsi hati maka bisa membantu untuk menambah dan mencegah terjadinya anemia.
  2. Makanan laut
    Makanan laut mempunyai kandungan zat besi yang tinggi. Salah satunya adalah ikan. Ikan selain mengandung kandungan asam lemak omega-3 namun juga kaya akan zat besi yang sangat bagus untuk mereka yang mengalami kurang darah dan juga baik untuk kesehatan tubuh Anda.
  3. Daging sapi
    Makanan penambah darah Hb bisa didapat dari daging karena kandungan daging mengandung zat besi yang tinggi. Dan selain itu juga daging sangat baik untuk membantu menambah darah, dan sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya kareha malah akan menyebabkan kenaikan resiko terjadinya serangan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi daging yang mengandung rendah lemak di dalam menu diet Anda maka bisa membantu meningkatkan darah.
  4. Berasa merah
    Makanan penambah darah rendah lainnya adalah beras merah. Mengonsumsi beras merah mempunyai sejuta manfaat baik untuk kesehatan tubuh yang diantaranya adalah untuk membantu menurunkan berat badan, membantu menurunkan kolesterol yang tinggi dan bisa membantu mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan. Selain itu juga, kandungan zat besi yang ada di dalam beras merah bisa membantu membuat hemoglobin yang ada di dalamnya mencegah terjadinya penyakit anemia.

Makanan Penambah Darah Anemia


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Makanan Penambah Darah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *