Makanan Penambah Darah Merah

Makanan Penambah Darah MerahAnemia merupakan salah satu masalah gizi yang umum dijumpai dimasyarakat. Anemia dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi, asam folat, atau vitamin B12. Akan tetapi, penyebab utama anemia adalah kekurangan zat besu, sehingga disebut sebagai anemia zat gizi besi. Apabila tidak terdapat cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhan per harinya, maka jumlah hemoglobin di dalam sel darah merah akan berkurang dan menimbulkan keadaan sakit. Anemia zat besi dapat terjadi beberapa faktor. Faktor pertama adalah karena makanan sehari-hari sangat sedikit mengandung zat besu. Untuk mengatasi hal itu diperlukan pengetahuan yang cukup tentang bahan-bahan pangan yang banyak mengandung zat besi. Daftar komposisi bahan makanan yang dikeluarkan oleh Direktorat Gizi Kesehatan RI dapat dijadikan pedoman dalam memilih bahan pangan yang kaya akan zat besi dalam memilih makanan penambah darah merah.

Makanan Penambah Darah Merah

Makanan Penambah Darah Merah

Faktor kedua penyebab anemia zat gizi besi adalah karena rendahnya presentase zat besi yang dapat dari makanan. Makanan penambah darah merah zat besi dari pangan hewani lebih mudah diserap, yaitu antara 10-20 persen, sedagkan zat besi dari pangan nabati hanya dapat diserap oleh usus sekitar 1 persen, sedangkan dari ikan dapat diserap dalam jumlah yang lebih besar sekitar 11%. Faktor ketiga penyebab anemia adalah adanya zat-zat yang dapat menghambat penyerapa besi, seperti asam fitat, asam oksalat, dan tannin yang banyak terdapat pada serealia, sayiran, kacantg-kacangan, dan teh. Untuk lebih meningkarkan penyerapan zat besi, dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi vitamin C dan protein hewani.

Anemia zat gizi besi didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana kadar hemoglobin lebih rendah daripada keadaan normalnya untuk kelompok orang yang bersangkutan. Kelompok itu dibedakan atas umur dan jenis kelamin. Untuk laki-laki dewasa batas normalnya adalah 13 gram persen (artinya 13 gram dalam setiap 100 ml darah) sedangkan untuk wanita dewasa adalah 12 gram persen. Jika kadar hemoglobinnya berada dibawah batas-batas tersebut, maka keadaan demikian disebut anemia zat gizi besi atau secara awam disebut dengan lesu darah. Yang diperlukan adalah makanan penambah darah merah.

Mengingat demikian besar dampak negative yang dapat ditimbulkan oleh anemia zat gizi besi, maka kita wajib selalu melakukan iversifikasi konsumsi pangan agar terhindari dari hal-hal yang merugikan tersebut. Bahan pangan yang direkomendasikan adalah pangan hewani, sayuran hijau kebiruan, serta tentu saja spirulina.

Makanan penambah darah merah seperti daging yang mengandung vitamin B12 bersama-sama dengan zat besi dibutuhkan untuk mencegah anemia. Pilihlah daging yang lemaknya paling sedikit. Para vegetarian dapat memperoleh vitamin B12 ini dari produk-produk sayuran olahan, seperti susu kedelai,l yoghurt, ekstrak ragi, dan sereal yang difortifikasi.

Tekanan darah yang mengalami penurunan yang penyebabnya bukan karena suatu penyakit tertentu maka masih bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah. Untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah dengan makanan penambah zat darah merah adalah dengan mengonsumsi banyak air. Cairan di dalam tubuh yang berkurang akan membuat darah menjadi kental. Dan keudian dengahn sendirinya menyebabkan pembuluh daraj menjadi sulit untuk bekerja.

Makanan penambah hb darah merah adalah :

  1. Zat besi
    Makanan yang mengandung zat besi beberapa diantaranya adalah sayuran hijau, buah yang kering, daging sapi, sereal dan juga jenis kacang-kacangan tertentu misalnya adalah kacang almond yang sangat berguna untuk meningkatkan tekanan darah.
  2. Vitamin B12 merupakan salah satu jenis makanan penambah darah merah adalah mengonsumsi vitamin C. Beberapa jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C diantaranya adalah seperti jeruk, buah berry, melon, yang bisa membantu untuk proses penyerapan pada zat besi.
  3. Asam folat
    Asam folat merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kandungan asamm folat beberapa diantaranya adalah sayuran hijau, jeruk, buah piang, sereal dan juga pasta serta juga jenis kacang-kacangan.

Dibawah ini ada beberapa gejala seseorang mengalami masalah kurang darah adalah :

  1. Pada bagian kelopak mata dibagian dalam warnanya adalah merah pucat
  2. Biasanya sakitr kepala akibat dari terjadinya asupan oksigen yang kurang masuk ke dalam otak
  3. Biasanya sering mengalami masalah 5L seperti lelah, lesu, lemah, letih, dan loyo
  4. Wajahnya akan terlihat lebih pucat. Hal ini disebabkan karena sel darah merah di dalam tubuh yang mengalami penurunan.
  5. Terasa mual setelah bangun dari tempat tidur atau terasa morning sickness.
  6. Rambut yang rontok yang disebabkan karena asupan nutrisi yang kurang pada kulit kepala
  7. Terjadi sesak nafas yang terjadi akibat dari berkurangnya oksigen di dalam tubuh
  8. Jantung berdetak lebih cepat karena oksigen yang kurang dan terjadinya masalah sesak nafas dalam dada
  9. Ujung jari jika ditekan maka warna yang terlihat adalah pucat.

Makanan Penambah Darah Merah


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Makanan Penambah Darah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>