Makanan Penambah Darah Rendah

Makanan Penambah Darah Rendah – Kekurangan darah adalah hal yang harus diwaspadai oleh siapa saja. Kekurangan darah dapat dialami oleh siapa pun termasuk pada anak-anak dan ibu hamil sekalipun. Umumnya seseorang yang memiliki hemoglobin rendah atau kekurangan sel darah merah mudah dikenali lewat wajah yang terlihat pucat, sering merasa lelah, mudah kecapean, dan juga menderita kekurangan gizi. Gejala-gejala demikian dikenal pula sebagai gejala kurang darah atau anemia.

Makanan Penambah Darah Rendah

Makanan Penambah Darah Rendah

Makanan penambah darah rendah itu adalah makanan-makanan yang kaya akan kandungan zat besi, kaya akan folat, vitamin B12, dan vitamin C. Selain makanan-makanan yang bergizi, adapula beberapa jenis sayuran untuk membantu menambah darah. Khususnya menambah jumlah sel-sel darah merah.

1. Bayam

Bayam termasuk sayuran yang memiliki zat hijau daun yang alami, hijaunya bayam mulai dari daun hingga ke tangkainya. Keduanya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang kekurangan darah. Selain itu memiliki kandungan folat untuk membantu pembentukan sel darah merah. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu lama memasak bayam sebagai sayur dan jangan terlalu lama mengkonsumsi bayam maksimal 5 jam. Jika mengkonsumsi sayur bayam lebih dari 5 jam zat yang terkandung dalam sayur bayam akan berubah menjadi racun tubuh.

2. Kangkung

Kankung sayuran hijau yang merakyat, mudah didapat dan mudah dimasak. Kangkung memiliki kandungan yang sama dengan bayam. Kangkung juga sangat baik dikonsumsi sebagai sayuran alami menambah darah.

3. Daun katuk

Makanan Penambah Darah Rendah Daun katuk tidak hanya dijadikan makanan dan sayuran sehat bagi ibu hamil untuk menambah jumlah dan volume ASI. Daun katuk yang mengandung fosfor dan zat besi juga dapat dijadikan sebagai sayuran alami yang enak dikonsumsi untuk pembentukan sel darah merah.

4. Brokoli

Brokoli yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti cap cay ternyata menyimpan manfaat yang besar sebagai sayuran yang dapat menambah jumlah sel-sel darah merah. Dalam 1 tangkai brokoli mengandung 2,1 mg zat besi.

Cara yang paling utama dalam hal meningkatkan sel darah merah yang turun adalah bukan langsung mengonsumsi suplemen penambah darah namun dilakukan dengan memulainya mengonsumsi jenis makanan yang bisa membantu meningakatkan kadar sel darah merah di dalam tubuh. terdapat banyak beberapa jenis makanan yang bisa membantu untuk meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh. Jenis makanan penambah darah rendah adalah :

  1. Roti atau sereal
    Jenis makanan ini merupakan jenis makanan yang berbahan dasar gandum dan merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk membantu menambah darah merah di dalam tubuh karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya juga tinggi mencakup sekitar 20% dari kebutuhan zat besi dalam tubuh Anda. Dan diantara beberapa jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar gandim adalah sereal dan juga roti, selain itu havermout yang bisa Anda konsumsi dalam setiap harinya dengan porsi yang tepat dan benar. Jika dilakukan dengan teratur maka bisa membantu untuk mengatasi anemia.
  2. Kacang almond
    Salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah adalah kacang almond. Makanan penambah darah rendah dalam bentuk kacang-kacanngan mengandung zat besi yang tinggi yang menjadi salah satu pilihan makanan yang baik untuk membantu menambah darah di dalam tubuh Anda. Kacang almond 1 ons mengandung 6% kebutuhan zat besi di dalam tubuh.
  3. Daging
    Anda pasti sudah tahu bahwa salah satu jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah adalah daging. Daging sapi bisa membantu meningkatkan tekanan darah yang rendah. Dan selain daging sapi, ada jenis daging lainnya yang bisa membantu mengatasi masalah kurang darah seperti daging ikan yang sangat cocok untuk dikonsumsi dalam sehari-hari karena bisa membantu meningkatkan darah. Namun, sebaiknya Anda jangan makan daging yang mengandung lemak berlebihan, cobalah pilih jenis daging sapi yang warnanya merah karena tidak mengandung lemak.

Dibawah ini ada cara mengatasi masalah tekanan darah yang rendah selain dengan mengonsumsi makanan penambah darah rendah. Caranya adalah :

  1. Jika dengan tiba-tiba Anda mengalami masalah pada gejala tekanan darah rendah, maka cobalah segera duduk dan beristirahat. Istirahatlah pada tempat yang cukup lapang sehingga bisa membuat Anda menjadi lebih mudah dalam bernafas. Selain itu minumlah air hangat karena akan lebih baik jika kita minum yang manis-manis.
  2. Cobalah mengonsumsi jenis makanan yang mengandung gizi seiimbang.
  3. Hindari jenis makanan yang mengandung lemak berlebihan.
  4. Konsumsi sayuran karena sayuran mengandung zat besi yang bisa membantu untuk terjadinya pembentukan hemoglobin.
  5. Buah-buahan dan juga beberapa jenis jamur tradisional juga bisa Anda konsumsi untuk penderita tekanan darah rendah.
  6. Melakukan olahraga dengan teratur, namun sebaiknya jangan berlebihan.

Makanan Penambah Darah Rendah


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Makanan Penambah Darah and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>