Makanan Penambah Darah Rendah

Kekurangan darah adalah hal yang harus diwaspadai oleh siapa saja. Kekurangan darah dapat dialami oleh siapa pun termasuk pada anak-anak dan ibu hamil sekalipun. Umumnya seseorang yang memiliki hemoglobin rendah atau kekurangan sel darah merah mudah dikenali lewat wajah yang terlihat pucat, sering merasa lelah, mudah kecapean, dan juga menderita kekurangan gizi. Gejala-gejala demikian dikenal pula sebagai gejala kurang darah atau anemia.

Makanan penambah darah itu adalah makanan-makanan yang kaya akan kandungan zat besi, kaya akan folat, vitamin B12, dan vitamin C. Selain makanan-makanan yang bergizi, adapula beberapa jenis sayuran untuk membantu menambah darah. Khususnya menambah jumlah sel-sel darah merah.

1. Bayam

Bayam termasuk sayuran yang memiliki zat hijau daun yang alami, hijaunya bayam mulai dari daun hingga ke tangkainya. Keduanya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang kekurangan darah. Selain itu memiliki kandungan folat untuk membantu pembentukan sel darah merah. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu lama memasak bayam sebagai sayur dan jangan terlalu lama mengkonsumsi bayam maksimal 5 jam. Jika mengkonsumsi sayur bayam lebih dari 5 jam zat yang terkandung dalam sayur bayam akan berubah menjadi racun tubuh.

2. Kangkung

Kankung sayuran hijau yang merakyat, mudah didapat dan mudah dimasak. Kangkung memiliki kandungan yang sama dengan bayam. Kangkung juga sangat baik dikonsumsi sebagai sayuran alami menambah darah.

3. Daun katuk

Daun katuk tidak hanya dijadikan makanan dan sayuran sehat bagi ibu hamil untuk menambah jumlah dan volume ASI. Daun katuk yang mengandung fosfor dan zat besi juga dapat dijadikan sebagai sayuran alami yang enak dikonsumsi untuk pembentukan sel darah merah.

4. Brokoli

Brokoli yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti cap cay ternyata menyimpan manfaat yang besar sebagai sayuran yang dapat menambah jumlah sel-sel darah merah. Dalam 1 tangkai brokoli mengandung 2,1 mg zat besi.


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Makanan Penambah Darah and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>