Makanan Penambah Darah

Makanan Penambah Darah – Beberapa orang mungkin pernah mengalami kondisi dimana mata berkunang-kunang, sering pusing, mudah lemas, pucat, jantung berdetak kencang, napas pendek dsb. Bisa jadi gejala tersebut merupakan gejala dari anemia atau kekurangan zat besi. Anemia atau lebih dikenal dengan kekurangan zat sel darah merah. Anemia merupakan gangguan kesehatan yang cukup berisiko tinggi. Umumnya sebagian besar anemia ini dialami oleh wanita dibanding pria.

Makanan Penambah Darah

Makanan Penambah Darah

Anemia yang banyak terjadi diakibatkan oleh kekurangan zat besi atau sel darah merah (Fe). Untuk mengatasi anemia disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besinya, biasanya banyak terdapat pada jenis sayuran hijau, kacang-kacnagna, tahu, tempe dll.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan penambah darah yang disarankan, seperti :

1. Makanan yang mengandung zat hijau

Makanan yang banyak mengandung zat hijau daun/chlorophyll. mulai sekarang untuk anda yang tidak suka dengan yang namanya sayur, agar kebiasannya itu di perbaiki. Kebanyakan gadis-gadis saat ini kurang begitu suka dengan sayur. Sayuran itu banyak sekali kandungan zat besi yang baik untuk tubuh diantaranya adalah daun pucuk ubi, kangkung, selada, bayam, brokoli, seledri, kembang kol, lobak, kubis, daun katu, daun melinjo dll.

2. Buah-buahan

Makanan yang satu ini cendrung disukai banyak orang, rajin-rajinlah mengkonsumsi buah-buahan karena banyak zat besi yang terkandung didalamnya. Buah-buahan yang kaya akan zat besi sebagai makanan penambah darah antara lain : buah bit, buah alpokat, anggur, semangka, molen, kundur dll.

3. Jamur tiram

Berbagai informasi menyebutkan bahwa kandungan nutrisi dalam jamur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) memiliki kandungan gizi berupa kalori, kalsium, fosfor, vitamin B2, vitamin B1, vitamin C dan folid acid yang terkenal dapat menyembuhkan anemia.

4. Kacang-kacangan

Kacang almond sebagai makanan penambah darah juga merupakan satu dari sekian banyak jenis kacang yang cukup popular dan banyak manfaatnya untuk kesehatan, karena dalam 100 gram kacang almond yang kita konsumsi perhari, sudah memenuhi 6% dari kebutuhan zat besi untuk setiap harinya.

Makanan penambah darah tradisional salah satunya adalah dengan mengonsumsi ramuan temulawak. Ramuan temulawak ini diminum sebagai jamu setiap harinya. Fungsi yang paling utama dari temulawak adalah untuk membantu memperbaiki fungsi dari organ hati dan juga limpa serta temulawak juga dikenal sebagai salah satu obat tradisional untuk menambah nafsu makan dan juga memudahkan proses buang air besar menjadi lebih lancar sehingga akan membuat metabolisme tubuh menjaid berjalan dengan lebih sempurna.

Minumlah air putih yang cukup sebanyak 2 liter dalam sehari sebagai salah satu cara menambah tekanan darah. 2 liter air putih setara dengan delapan gelas air dalam sehari. Dan untuk Anda yang mengalami tekanan darah rendah atau anemia, maka biasanya dokter akan memberikan suplemen zat besi. Dan selain itu, Anda dianjurkan untuk makan makanan penambah darah merah yang kaya akan zat besi. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam makanan bisa Anda dapatkan dari hewani dan sudah terbukti lebih berkhasiat untuk membantu meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh kita. Dan selain itu juga, vitamin B6, B12, dan juga asam folat bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan Anda untuk membantu meningkatkan tekanan darah Anda.

Beberapa jenis makanan selain makanan penambah darah merah yang berasal dari hewani adalah makanan penambah darah nabati yakni :

  1. Buah dan juga sayuran seperti brokoli, tomat, kubis, kecambah, kacang-kacangan, asparagus, orange, nanas, anggur, jambu biji, mangga dan kiwi.
  2. Makanan seperti daging, telir, hati, seafood, daging merah, biji bunga matahari dan susu kedelai juga bagus untuk membantu meningkatkan darah merah di dalam tubuh.

Selama proses menyembuhkan anemia, maka yang harus Anda lakukan adalah Anda perlu menghindari jenis makanan yang bisa membuat kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi menjadi terganggu. Makanan ini bisa termasuk ke dalam makanan yang mengandung akan serat tinggi, makanan yang tinggi akan kalsium misalnya seperti produk susu, cokelat, dan juga jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein, serta beberapa jenis obat-obatan yang mengandung kandungan antasida dan juga fosfat.

Penyebab dari hemoglobin yang rendah salah satunya adalah akibat dari keadaan tubuh yang mendasarinya. Oleh karena itulah sangat penting untuk kita mengetahui sumber dari penyebab mengapa sel darah merah Anda turun. Jika keadaan ini disebabkan karena hilangnya darah akibat dari pendarahan pada ulkus, maka cara mengatasinya adalah Anda memerlukan perawatan yang khusus yang disertai dengan suatu metode unutk meningkatkan kadar Hb di dalam darah. Sedangkan untuk kondisi anemia dengan kasus yang parah, maka akan sangat dibutuhkan transfusi darah.

Makanan Penambah Darah


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Makanan Penambah Darah and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.