Makanan Penambah Hb Darah

Makanan Penambah Hb Darah – Hemoglobin merupakan protein yang mengandung zat besi yang terdapat pada sel darah merah. Hemoglobin berperan sebagai media pembawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh manusia. Bila tubuh kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan anemia, infeksi atau bahkan perdarahan.

Makanan Penambah Hb Darah

Makanan Penambah Hb Darah

Oleh karenanya ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga hemoglobin tetap sehat. Dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dengan keseimbangan lemak, kalori, karbohidrat, vitamin dan sumber nutrisi Makanan Penambah Hb Darah lainnya, seperti :

1. Daging sapi

Makanan penambah darah seperti Daging sapi banyak mengandung zat besi yang mampu meningkatkan jumlah hemoglobin dengan cepat. Selain itu, daging sapi juga bisa diserap oleh tubuh dengan cepat. Namun jangan berlebihan mengonsumsi daging sapi jika tidak ingin terserang penyakit kardiovaskular.

2. Sayuran

Makanan penambah darah Beetroot atau bit, bayam, kacang polong, kacang merah, kubis, lobak, ketela, brokoli, kacang lima, sawi, kacang hitam, dan bunga kol adalah sayuran yang paling cepat meningkatkan hemoglobin Anda. Terutama bit, karena bit memiliki kemampuan untuk meregenerasi zat besi dan mengaktifkan sel-sel darah merah dalam tubuh.

3. Buah-buahan

Sedangkan buah-buahan sebagai Makanan penambah darah mampu meningkatkan hemoglobin adalah kismis, plum, buah ara, buah malaka, aprikot, apel, jeruk, jeruk limau, dan juga grapefruit.

4. Kacang-kacangan

Beberapa orang mungkin tidak menyukai kacang-kacangan. Namun pertimbangkan Makanan penambah darah ini jika kadar hemoglobin dalam darah Anda terlalu rendah. Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung zat besi yang mampu meningkatkan hemoglobin Anda.

5. Roti, pasta, dan sereal

Anda sebaiknya memeriksa komposisi dari roti gandum, pasta, dan juga sereal. Kebanyakan dari jenis tiga makanan ini mengandung zat besi tinggi. Selain itu, gandum dikenal baik dikonsumsi sebagai menu diet harian.

Kandungan hemoglobin dalam darah umumnya dialami oleh para wanita yang sedang haid. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga bisa kekurangan hemoglobin karena sebab lainnya. Tetap jaga kesehatan dan konsumsilah lima makanan tersebut di atas untuk menjaga kadar hemoglobin dalam darah.

Masalah kurang darah merupakan suatu keadaan yang ditandai terjadinya kurangnya kadar protein di dalam tubuh yang disebut dengan Hb atau hemoglobin. Tugas dari hemoglobin sendiri mempunyai tugas untuk mengedarkan oksigen dan juga nutrisi menuju ke selurh tubuh. Itu mengapa, jika Anda sedang merasakan gejala kurang darah atau anemia, maka gejala yang menunjukkan adalah hemoglobin yang turun seperti sakit perut, terasa mual, muntah dan diare, demam serta sembelit.

Penyebab seseorang mengalami masalah kurang darah bisa diakibatkan karena beberapa faktor. Beberapa diantaranya adalah akibat kekurangan nutrisi, gaya hidup yang kurang sehat atau juga disebabkan karena pendarahan. Cara mencegah anemia adalah dengan melakukan gaya hidup sehat dengan cara mendapatkan waktu tidur yang cukup, tidak merokok, mirasantika dan menerapkan pola hidup yang sehat dan teratur. Salah satu elemen penting yang baik untuk meningkatkan hemoglobin adalah zat besi. Zat besi harus dikonsumsi jika hemoglobin atau sel darah merah Anda terlalu rendah, namun tetap harus sesuai dengan petunjuk dokter. Karena kelebihan dari zat besi akan mengakibatkan efek samping yang lainnya yang tidak diharapkan.

Dibawah ini ada beberapa makanan penambah Hb darah adalah :

  1. Seafood
    Seafood merupakan salah satu makanan penambah Hb darah. Seafood adalah salah satu jenis makanan yang mengandung hemoglobin. Dan dari berbagai jenis makanan laut misalnya seperti kerang, tuna, lele, salmon, tiram dan juga sarden merupakan salah satu jenis hemoglobin yang baik.
  2. Daging
    Daging juga merupakan salah satu makanan penambah Hb darah yang kaya akan hemoglobin. Daging merupakan salah satu makanan kaya hemoglobin yang mengandung kandungan vitamin B-12 dan mempunyai manfaat untuk membantu menjaga tingkat zat besi agar tetap dalam keadaan normal di dalam tubuh.
  3. Telur
    Makanan penambah darah Kuning telur merupakan salah satu sumber makanan penambah kadar hemoglobin darah yang baik untuk mengatasi kurang darah. Kuning telur kaya akan zat besi yang bisa membantu tubuh agar bisa menghasilkan hemoglobin dengan baik.
  4. Produk susu
    Misalnya produk susu yang bisa meningkatkan kadar darah hemoglobin adalah susu, buttermilk, dadih, dan juga keju yang merupakan salah satu sumber hemoglobin yang baik juga.
  5. Kacang-kacangan
    Jenis kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan penambah kadar Hb yang rendah. Kacang-kacangan yang dimaksud adalah seperti buncis, kacang kering, pinto, atau juga kacang putih yang mengandung kandungan zat besi yang baik untuk tubuh. Labu serta biji labu juga bisa membantu untuk meningkatkan tingkat pada hemoglobin di dalam darahnya.

Zat besi selain bisa membantu meningkatkan hemoglobin di dalam darah juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Khususnya untuk wanita, mereka membutuhkan zat besi yang jauh lebih sedikit dibandingkan laki-laki. Dan untuk wanita yang berusia sekitar 14-18 tahun setidaknya harus mengonsumsi zat besi sekitar 15 mg dalam setiap harinya.

Makanan Penambah Hb Darah

 


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Makanan Penambah Darah and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>